Cara mudah membuat ebook PDF dengan OpenOffice


Anda ingin membuat ebook, dokumen, arsip, atau laporan, dalam format file PDF? adakah cara termudah membuatnya dan bisa menggunakan software freeware atau software gratisan? tentu saja hal itu ada.file PDF bisa dibuat dengan sangat mudah dengan freeware Openoffice.org, OpenOffice adalah pengganti aplikasi office berbayar seperti software Microsoft Office, OpenOffice bersifat open source dan dapat dibagikan secara gratis.

untuk OpenOffice.org versi 3.3 terdapat beberapa aplikasi antara lain: OpenOffice.org Base, OpenOffice.org Calc (seperti aplikasi MS Office Exel), OpenOffice.org Draw, OpenOffice.org Impress, OpenOffice.org Math, OpenOffice.org writer (seperti aplikasi MS Office Word).
cara membuat ebook file PDF dengan menggunakan software tersebut mempunyai tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. buka OpenOffice dan pilih aplikasi OpenOffice.org writer
  2. buatlah file document baru seperti anda membuat file Word di aplikasi MS Office Word. contohnya bisa dilihat di gambar berikut ini:
  3. bila pekerjaan sudah selesai, tekan menu tombol “Export directly as PDF” yang bergambar berkas file PDF. tombol tersebut terletak disebelah tombol bergambar printer, lihat letaknya di gambar berikut ini:
  4. file yang sudah dirubah dalam bentuk jadi (file PDF), bisa langsung dibuka dengan menggunakan aplikasi PDF reader seperti: Adobe Acrobat Reader, atau Foxit Reader. contohnya bisa dilihat di gambar berikut ini:
kelemahan OpenOffice adalah tidak bisa mengedit secara langsung file berformat PDF yang sudah terlanjur dibuat tersebut/ di ekspor. untuk mengatasi ini, maka ketika ebook selesai dibuat simpanlah file project ebook anda dalam 2 bentuk file, yaitu file PDF dan file document. jika suatu saat anda ingin mengubah isi ebook anda, bisa langsung mengedit file project yang berbentuk file document dan nanti jika sudah selesai diedit bisa diubah lagi menjadi file PDF. anda bisa juga merubah file office yang sudah ada sebelumnya menjadi file PDF lewat OpenOffice.
——00——-

0 komentar:

Posting Komentar

baha website

Followers

 

baha website. Copyright 2011 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.